Jumat, 06 Februari 2015

Kaitan Diabetes dengan Kontrol Berat Badan

Diabetes dan Penurunan Berat Badan
Jika Anda kelebihan berat badan dan memiliki diabetes tipe 2, menurunkan beberapa kilogram berat badan otomatis akan menurunkan kadar gula darah Anda, meningkatkan kesehatan Anda, dan membantu Anda merasa lebih baik.

Tidak peduli berapa berat badan Anda sekarang, menurunkan berat badan akan membuat perbedaan yang besar pada proses penyembuhan diabetes Anda.

Bahkan menurut American Diabetes Association, hanya kehilangan sekitar 1 sampai 2 kg memiliki manfaat bagi kesehatan, yakni:
  • Menurunkan gula darah
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kolesterol baik ( HDL )
Selain itu, Anda mungkin akan memiliki lebih banyak energi dan merasa lebih baik. Pengurangan 500 kalori per hari umumnya aman bagi seseorang penderita diabetes. Ketika Anda memilih jenis kalori untuk di pangkas, maka kurangi jenis kalori dari karbohidrat dan lemak. USDA mengatakan bahwa kalori untuk orang dewasa harus datang dari:
  • 45% sampai 55% karbohidrat
  • 25-35% lemak
  • 10% sampai 35% protein
Karbohidrat memiliki efek terbesar pada gula darah. Mengkonsumsi karbohidrat yang memiliki serat (roti gandum dan sayuran, misalnya) jauh lebih baik daripada makan karbohidrat manis atau yang mengandung tepung, karena serat diserap lebih lambat ke dalam aliran darah, memangkas risiko lonjakan gula darah.

Latihan, Diabetes, dan Berat Badan

Salah satu dari banyak manfaat olahraga adalah bahwa hal ini juga membantu menjaga gula darah Anda tetap seimbang. Anda juga lebih mungkin untuk menjaga berat badan ketika Anda menjadi aktif.

Lakukanlah latihan aerobik sedang (seperti jalan cepat) sebanyak 2 sampai 3 jam dalam seminggu. Anda dapat membagi waktu dengan cara apapun yang Anda pilih.

Anda juga harus melakukan latihan kekuatan setidaknya dua kali seminggu. Anda dapat menggunakan mesin berat di gym, beban tangan, atau bahkan Anda berat badan sendiri (push-up, lunges, dan squat).

Aktivitas fisik membakar kedua gula darah dan gula yang tersimpan dalam otot dan hati. Jika Anda menggunakan insulin atau obat-obatan diabetes lainnya, Anda harus mengamati secara dekat kadar gula darah Anda ketika Anda mulai berolahraga. Seiring waktu, ketika Anda berolahraga secara teratur, Anda mungkin dapat menurunkan dosis obat diabetes dan insulin.

Setiap jenis latihan mempengaruhi gula darah secara berbeda. Latihan aerobik - berjalan atau latihan treadmill - dapat menurunkan gula darah Anda segera. Angkat besi atau latihan fisik yang keras untuk waktu yang lama dapat mempengaruhi kadar gula darah Anda berjam-jam kemudian. Ini bisa menjadi masalah, terutama jika Anda mengendarai mobil setelah latihan. Hal ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa Anda harus periksa kadar gula darah Anda sebelum mengemudi. Ide yang baik untuk membawa makanan ringan seperti buah, biskuit, jus, dan soda di dalam mobil.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar