Jumat, 06 Februari 2015

Makanan Untuk Pasien Paru Paru Basah

Terdapat jutaan orang yang mengalami pneumonia atau paru paru basah setiap tahun di Amerika Serikat. Hal ini karena penyakit ini cepat menular melalui udara, oleh karenanya pengobatan yang tepat dan tuntas adalah penting. Paru paru basah disebabkan oleh bakteri, virus atau jamur, dimana penyakit ini menyerang saluran pernapasan Anda, memicu batuk, lendir berdarah, demam, menggigil dan sesak napas. Sementara makanan tidak menyebabkan atau menyembuhkan pneumonia, makanan sehat dengan gizi seimbang dan cukup minum air putih, dapat membantu memastikan pemulihan lebih cepat. Berikut ini adalah makanan untuk pasien paru paru basah:

Buah berwarna-warni dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran adalah pemasok utama antioksidan, yang membantu tubuh untuk melawan dan sembuh dari infeksi dan penyakit. Perbanyak  asupan buah dan sayuran hijau juga dapat membantu mencegah infeksi. Sebuah studi yang diterbitkan dalam "Public Health Nutrition" pada tahun 2010 yang melibatkan 1.034 wanita menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi diet kaya buah-buahan dan sayuran sulit untuk mengembangkan infeksi pernafasan atas, seperti pneumonia, selama masa kehamilan. Buah-buahan dan sayuran yang sangat kaya akan antioksidan cenderung berwarna-warni, termasuk acai berry, buah jeruk, gelap, sayuran hijau, labu dan tomat. Makanlah buah-buahan dan sayuran segar, dimasak atau ditambahkan ke makanan sehat lainnya, seperti sup dan smoothie.

Biji-bijian utuh

Seluruh butir memberikan jumlah berharga dari karbohidrat, sumber bahan bakar utama tubuh Anda, serta sejumlah vitamin, mineral dan antioksidan. Vitamin B dalam biji-bijian juga memainkan peran penting dalam produksi energi dan kontrol suhu tubuh, yang penting ketika Anda lelah dan demam. Biji-bijian juga merupakan sumber yang baik dari selenium, mineral yang mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh. Contoh biji-bijian bergizi meliputi gandum, beras merah, quinoa, popcorn dan barley. Baca juga: Obat paru paru basah herbal

Protein

Protein memainkan peran penting dalam perbaikan jaringan dan fungsi kekebalan tubuh. Pilih sumber rendah lemak jenuh, seperti kacang-kacangan, lentil, unggas tanpa kulit dan ikan. Hindari sumber-sumber lemak jenuh, seperti daging merah dan olahan daging, yang dapat meningkatkan peradangan. Ikan air dingin, seperti salmon dan sarden, memberikan jumlah yang kaya protein dan lemak omega-3 sebagai anti-inflamasi kebutuhan tubuh Anda. Penelitian yang dilakukan oleh Rennard Larson, seorang profesor kedokteran di bagian kedokteran perawatan paru dan kritis di University of Nebraska Medical Center, menunjukkan bahwa sup ayam dapat membantu meningkatkan hidrasi dan nutrisi dalam tubuh ketika Anda memiliki infeksi pernafasan. Hal ini juga dapat mengurangi peradangan sambil memberikan kenyamanan emosional dan fisik, dia mengatakan kepada University of Maryland Medical Center dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada tahun 2012. Untuk membuat sup ayam Anda lebih sehat, tambahkan sayuran kaya antioksidan, seperti sayuran hijau dan tomat.

Minum Banyak Cairan

Terhidrasi dengan baik merupakan aspek penting dari pemulihan pneumonia atau paru paru basah. The University of Maryland Medical Center merekomendasikan minum 6 sampai 10 gelas cairan, seperti air, jus, kaldu dan teh per hari. Sementara itu meskipun masih berupa kontroversial, banyak orang percaya bahwa produk susu meningkatkan produksi lendir. Jika Anda menemukan bahwa minum susu memperburuk gejala Anda, minumlah kedelai atau susu almond sebagai gantinya. Hindari alkohol dan minuman berkafein yang tinggi, seperti minuman energi dan kopi, yang dapat mengganggu istirahat Anda.

Semoga dengan menerapkan makanan untuk pasien paru paru basah di atas, pemulihan penyakit dapat berjalan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar